Indonesia adalah salah satu pasar gemuk untuk pariwisata Negeri Jiran.

Dua ribu dua puluh enam masih dua tahun lagi, tapi Malaysia sudah bersiap untuk menyongsong kampanye pariwisata Visit Malaysia 2026. Dalam keterangan pers yang diperoleh TFL Paper, pemerintah Malaysia telah menyiapkan strategi pemasaran untuk menciptakan permintaan, meningkatkan jumlah kunjungan, serta memprioritaskan pangsa pasar. Diharapkan, kampanye pariwisata ini dapat menghasilkan 35,6 juta kunjungan turis dan devisa sebesar 147,1 miliar ringgit atau nyaris 500 triliun rupiah!

Dalam keterangan tersebut, Visit Malaysia 2026 atau disingkat menjadi VM 2026, akan fokus pada beberapa program penting, seperti branding dan pemasaran, kerja sama strategis, serta segmentasi pasar.

Beberapa pasar utama dibagi menjadi tiga tingkatan. Prioritas pertama adalah turis-turis asal Tiongkok, India, Indonesia, dan Australia. Kemudian tingkat kedua adalah Korea Selatan, negara-negara Timur Tengah, serta Inggirs. Ditutup dengan pasar tingkat ketiga, yakni Taiwan dan Jerman.

Untuk menggaet turis-turis dari negara-negara tersebut, Malaysia telah menyiapkan beberapa produk dan aktivitas menarik, seperti wisata alam, wisata medis dan kebugaran, wisata jelajah, wisata mewah, pernikahan, wisata ramah Muslim, wisata kuliner, serta wisata gabungan bisnis dan pelesir.

Negeri Jiran tersebut sepertinya sedang naik daun. Di kuartal pertama 2024, jumlah kunjungan wisatawan mancanegaranya cukup menjanjikan. Antara Januari hingga Maret, setidaknya 5,8 juta wisman masuk ke Malaysia—meningkat sebanyak 32,5% dibandingkan periode yang sama pada 2023. Dalam angka tersebut, empat pasar yang mendominasi adalah Singapura, Indonesia, Tiongkok, dan Thailand.Ben Dharma

Calendar of Events

Freedballet Stars – Gala Concert

Pertunjukan tarian-tarian balet legendaris oleh penari-penari balet internasional. 19 Jan

Cigarettes After Sex Concert 2025 | X’s World Tour in Jakarta

Konser keempat Cigarettes After Sex di Indonesia. 17 Jan

IdeaFest 2024

Sebuah ajang jejaring insan industri kreatif di negeri ini. 27-29 Sep

See More